Mon. Oct 18th, 2021

Jajaran Polresta Tangerang Polda Banten menyiagakan 2080 personel untuk pengamanan Pilkades Serentak yang akan dilaksanakan pada Minggu (10/10/2021).

Demikian disampaikan Kapolresta Tangerang Kombes Pol Wahyu Sri Bintoro usai Apel Gelar Pasukan Operasi Aman Maung dalam rangka Pengamanan Kegiatan Pemungutan Suara Pilkades Serentak bersama Forkopimda Kabupaten Tangerang, di Lapangan Maulana Yudhanergara, Jumat (8/10/2021).

“Hari ini, kami Forkopimda Kabupaten Tangerang melaksanakan Apel Gelar 0asukan dalam rangka kesiapan pengamanan Pilkades serentak,” kata Wahyu.

Apel Gelar Pasukan dipimpin Inspektur Upacara Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar. Kata Wahyu, secara keseluruhan di Kabupaten Tangerang, ada 77 desa yang akan melaksanakan Pilkades. Sedangkan yang masuk wilayah hukum Polresta Tangerang sebanyak 64 desa.

“Kami siagakan 2080 personel gabungan dari TNI-Polri. Yang Polri gabungan polres, polsek, dan BKO Polda sebanyak 3 SSK. Kita juga meminta dukungan TNI dari Satradar 211 sebanyak 15 personel dan Rudal 1 pleton atau 30 personel,” ucapnya.

Wahyu memastikan, jajaran siap melaksanakan pengamanan Pilkades. Untuk pemetaan, wilayah yang melaksanakan Pilkades dibagi menjadi 3 kategori. Yaitu kategori kurang rawan, agak rawan, dan rawan.

“Jadi ada 15 TPS kategori rawan sebagai fokus prioritas yang 1 TPS dijaga oleh 2 anggota polisi. Kami juga menyiagakan pasukan di 3 rayon yaitu Balaraja, Tigaraksa, Pasar Kemis,” terangnya.

Sementara itu, Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar dalam amanatnya menyampaikan, pelaksanaan Pilkades kali ini sangat berbeda dengan sebelumnya. Sebab kali ini, Pilkades kali ini dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19.

“Dalam konteks tersebut, tentunya banyak sekali hal-hal yang diperlu dipersiapkan secara matang dan terkoordinasi, khususnya dalam hal pengamanan yang melibatkan berbagai pihak terutama unsur kepolisian dan TNI sehingga setiap tahapan pelaksanaan Pilkades serentak kali ini dapat berjalan dengan baik dan lancar, aman serta nyaman,” tuturnya.

Zaki juga mengajak semua elemen untuk tidak hanya fokus pada pencegahan hal-hal yang mengarah pada konflik dan sengketa Pilkades semata. Akan tetapi juga harus mengedepankan penerapan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin sehingga segala potensi penyebaran pandemi baru Covid-19 dapat dihindari.

“Saya berpesan kepada segenap aparat yang akan bertugas, agar senantiasa mampu secara humanis memberikan pemahaman yang benar dan netral agar semua tahapan Pilkades nanti dapat dimengerti sehingga kita dapat meminimalisir kemungkinan terjadinya gangguan keamanan dan kesehatan,” tandasnya.

Pada Apel Gelar Pasukan itu, turut hadir Sekretaris Daerah Kabupaten Tangerang Maesyal Rasyid, Dandim 0510 Tigaraksa Letkol Inf Bangun Siregar, Kapolres Tangerang Selatan AKBP Iman Imanuddin, Wakapolresta Tangerang AKBP Leonard M Sinambela, dan Kasubag Ops Polres Metro Tangerang Kota Kompol Yusuf Gunadi.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *