Thu. May 6th, 2021

Jakarta – Larangan dari Pemprov DKI Jakarta bagi warganya untuk melakukan takbir keliling di malam lebaran 2021. Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, mengatakan pihaknya juga meminta kepada warga untuk melakukan pembatasan 50% saat melaksanakan salat id.

“Salat idul fitri sekalipun diperkenankan kita batasi jumlahnya tidak lebih dari 50% dan tetap melaksanakan protokol kesehatan dengan melaksanakan jaga jarak dengan masker,” kata Riza, Rabu (5/5/2021).

“Begitu juga yang melakukan takbir keliling kami melarang, tidak boleh ada takbir keliling silahkan takbir di musala, di masjid di lingkungan kita masing-masing,” ucapnya.

Politikus Gerindra itu juga meminta kepada masyarakat untuk tidak mudik lebaran. Sebab, dalam 5 kali libur panjang dalam setahun terakhir mengalami kenaikan kasus COVID-19.

“Terkait arus mudik kita meminta seluruh warga untuk tidak melakukan mudik karena kita tahu dalam 5 kali libur sepanjang tahun lalu dan awal tahun terjadi peningkatan penyebaran COVID cukup tinggi. Untuk itu pemerintah pusat telah mengambil kebijakan dan tentu kami sangat mendukung upaya pelarangan mudik kami minta seluruhnya tidak hanya ASN, Polri tapi seluruh warga Jakarta untuk tidak mudik ke kampung, keluarga orang tua, kakek, nenek semuanya,” katanya.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan tengah mempertimbangkan perizinan untuk pelaksanaan salat Idul Fitri di area terbuka. Jika memungkinkan, sebutnya, pelaksanaan dilakukan dengan protokol kesehatan dan jaga jarak.

“Kami mempertimbangkan untuk mengizinkan pelaksanaan salat Id di area terbuka, karena mudah untuk mengatur jaraknya,” kata Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam keterangan tertulis, Senin (3/5/2021).

Anies menyebut regulasinya nanti akan menyesuaikan dengan surat Edaran Sekda DKI. Jika memungkinkan, diharapkan pelaksanaan diimbangi dengan menjaga protokol kesehatan.

“Jika kondisinya memungkinkan, semoga kita bisa istikamah menjaga protokol kesehatan agar ikhtiar kita ini bisa berjalan dengan lancar,” ujar Anies.

Anies mengingatkan warga tidak lengah menerapkan protokol kesehatan dari sebelum dan sampai sesudah Lebaran. Anies berharap seluruh pihak berkolaborasi untuk menekan laju penyebaran virus Corona di Ibu Kota.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *